Breaking News
Media Pembelajaran Efektif, Inovatif dan Peluang Usaha
banner 728x250

Busuk batang tanaman jagung

Busuk batang tanaman jagung
Busuk batang tanaman jagung
banner 120x600
banner 468x60

GURUCANTIK.COM Busuk batang tanaman jagung menjadi salah satu penyakit yang susah diatasi atau dikendalikan pada saat batang sudah terserang. Penyebabnya adalah jamur yang bertemu dengan bakteri dan menjadikan pohon jagung sebagai tempat perkembangan ideal.

Apalagi pada saat musim penghujan seperti saat ini sangat rentan sekali terhadap ketahanan pertumbuhan tanaman.

banner 325x300

Genangan air pada permukaan tanah akan sering terjadi dan dapat menjadikan akar tempat sarang penyakit.
Selain itu juga kerusakan lebih parah dapat terjadi apabila bakteri busuk batang bersatu dengan jamur.

Pencegahan dari awal pembentukan lahan dapat dilakukan untuk mengurangi atau menekan perkembangan penyakit dan jamur.

Baca juga : Obat semprot ulat jagung

A. Ciri-ciri busuk batang tanaman jagung

Busuk batang dapat terjadi karena adanya pembusukan yang ditandai dengan perubahan warna daun coklat keputihan. Batang dan buah jagung juga akan berubah menjadi coklat tua dan kusam seperti akan kering.

B. Penyebab busuk batang 

Penyebab utama busuk batang pohon jagung adalah bakteri erwina chrisanthemi yang berkembang di sekitar tanaman. Sampah atau sisa batang bekas yang ada pada permukaan tanah pada lahan adalah tempat penyebaranya.

Jamur dan bakteri akan merambat dari tanah melalui akar dan merambat ke atas batang jagung. Sehingga dapat mengakibatkan batang menjadi busuk dan buah jagung berwarna putih keriput dan tidak sempurna.

Baca juga : Ulat pengganggu tanaman jagung

C. Pengendalian bakteri busuk batang 

Pengendalian atau pencegahanya dapat dilakukan dengan beberapa cara dan tehnik yang sangat sederhana antara lain:

1. Pembersihan lahan

Biasanya pada lahan sebelum ditanami terdapat gulma atau rumput dan sisa kayu serta batang lainya. Dengan cara membakar semua sampah dari sisa batang tanaman sebelumnya agar bakteri tidak berkembang biak.

Setelah Abu dari sisa pembakaran yang menumpuk sebaiknya ditebar secara merata untuk menghindari kelebihan kompos. Karena penumpukan dari sisa pembakaran yang berlebihan dapat juga memicu tingkat perkembangbiakan bakteri dan jamur.

2. Membuat larik atau lajur

Tehnik ini sangat efektif dilakukan pada lahan sebelum ditanami tujuanya agar air tidak menggenangi tanaman. Apalagi disaat curah hujan tinggi atau musim rendeng air langsung mengalir dan tidak menggenani pohon.

Genangan air merupakan sumber dari pertumbuhan bakteri dan mikroba untuk itu kelembapan jangan sampai terjadi.

3. Kurangi pupuk kimia ( Nitrogen )

Jangan menggunakan pupuk yang mengandung unsur Nitrogen yang berlebihan disaat musim penghujan. Selain menyebabkan batang tidak kokoh pohon dan buah mengandung bayak air sehingga mudah terserang penyakit.

Gunakan kapur dolomit pada lahan yang akan ditanamai untuk menstabilkan PH tanah serta dapat mengendalikan jamur.

4. Penyemprotan rumput

Keadaan lahan yang banyak rumputnya juga salah satu pemicu perkembangan bakteri dan jamur karena rimbun. Lakukanlah penyemprotan menggunakan obat pembakar seperti Primastar untuk mengendalikan rumput yang ada di sekitar tanaman.

Fungsi lain obat Primastar adalah untuk membunuh bakteri atau jamur yang akan naik ke batang. Penyemprotan dilakukan pada saat batang jagung belum mencul akar tingkat yang keluar di permukaan tanah.

D. Perawatan berkala

Gunakan pupuk tabur atau pupuk cair yang mengandung nutrisi agar ketahanan batang jagung selalu terjaga. Selain itu juga penyemprotan pada daun dengan menggunakan jenis obat jamur sangat penting sekali dilakukan.

Apabila batang tanaman jagung sudah ada salah satu yang terserang jamur sebaiknya dicabut dan dibuang. Pembuangan harus dilakukan dengan jarak yang jauh agar penyakit tidak menular ke batang yang lainya.

Baca juga : Cara semprot ulat jagung

Kesimpulan

Lakukan pencegahan sejak dari awal sebelum tanam agar bakteri dan dan jamur tidak menyerang tanaman. Jangan sampai tanaman sudah terserang busuk batang baru akan melakukan pengendalian maka akan terasa sulit.

Perawatan secara rutin dan teratur disaat tanaman jagung sudah tumbuh dengan cara memberikan vitamin dan nutrisi.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan